Contact Form

Name

Email *

Message *

Cari Blog Ini

Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Putra Tingkat Dunia Memburu Piala Thomas

Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Putra Tingkat Dunia: Memburu Piala Thomas

Sejarah Piala Thomas

Piala Thomas merupakan trofi yang diperebutkan dalam Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Putra Tingkat Dunia. Kejuaraan ini diselenggarakan oleh Badminton World Federation (BWF) sejak tahun 1948.

Piala ini dinamai sesuai dengan nama Sir George Alan Thomas, pendiri Badminton Association of England. Sir Thomas menyumbangkan trofi perak kepada BWF untuk diperlombakan dalam kejuaraan beregu putra.

Kejuaraan Piala Thomas diadakan setiap dua tahun sekali. Format pertandingan terdiri dari lima pertandingan tunggal dan dua pertandingan ganda yang dimainkan dalam format gugur.

Tim Peserta

Setiap negara anggota BWF berhak mengirimkan satu tim untuk berpartisipasi dalam Piala Thomas. Tim yang berpartisipasi dibagi menjadi beberapa grup yang bertanding dalam babak penyisihan.

Tim yang lolos dari babak penyisihan akan melaju ke babak perempat final, semifinal, dan final. Juara Piala Thomas ditentukan melalui sistem gugur di babak-babak tersebut.

Negara yang telah meraih gelar Piala Thomas terbanyak adalah Indonesia dengan 14 kali kemenangan. Disusul oleh Malaysia dengan lima kali kemenangan dan Tiongkok dengan empat kali kemenangan.

Pemenang Terakhir

Pada Kejuaraan Piala Thomas 2022 yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand, tim Indonesia berhasil meraih gelar juara setelah mengalahkan tim India di babak final.

Ini merupakan gelar ke-14 bagi Indonesia dalam sejarah Piala Thomas. Kemenangan ini juga sekaligus menjadi kali kedua bagi Indonesia meraih gelar juara secara berturut-turut.

Tim Indonesia menurunkan pemain-pemain terbaiknya, seperti Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Mereka tampil dominan sepanjang kejuaraan dan berhasil mempertahankan gelar juara.


Comments